10 besar Klub Terkaya di Dunia


Manchester United kembali bertahan di urutan terata daftar klub sepak bola terkaya di dunia versi Forbes . Dalam daftar terbaru yang dirilis Forbes , Man. United kembali mengungguili raksasa Spanyol, Real Madrid, setelah pendapatan naik sampai 20 persen.
Dari perhitungan pemasukan, keuntungan dan tingkat utang, Forbes mengklaim kekayaan Setan Merah mencapai 2,24 miliar dolar atau Rp20,5 triliun. Pemasukan mereka diraup dari beberapa sponsor seperti Aon , yang terpampang di dada kostum pemain, dan apparelNike .
Selain itu,memiliki fans yang tersebar di seluruh penjuru dunia menjadikan Man United sebagai klub yang memiliki nilai jual tertinggi (most valuable). Bahkan mereka mengungguli klub olahraga lain seperti New York Yankees (baseball) dan Dallas Cowboys (American Football).
Kenaikan pendapatan The Red Devils tidak terlepas dari keberhasilannya menembus final Liga Champions musim lalu. Meski gagal menjadi juara, namun pemasukan mereka justru lebih besar dari sang juara, Barcelona. Raksasa Spanyol ini justru hanya berada di peringkat tiga dengan kekayaan 1,31 miliar dolar. Namun, pemasukan Barca melesat 34 persen.
Man United sendiri telah sembilan tahun berturut-turut dinobatkan sebagai klub sepak bola paling bernilai mengalahkan Real Madrid. Los Blancos memiliki kekayaan sebesar 1,88 miliar dolar. Pemasukan El Real mengalami kenaikan sebesar 29 persen.
Arsenal menempati peringkat empat dengan kekayaan sebesar 1,29 miliar dolar. Hanya kenaikan pemasukan Arsenal tidak terlalu tinggi. Pemasukan Arsenal hanya delapan persen. Masih kalah dengan Bayern Muenchen (5) dan AC Milan (6) yang sama-sama mengalami kenaikan sebesar 18 persen.
10 besar Klub Terkaya versi Forbes
1. Manchester United - 2,235 miliar dolar
2. Real Madrid - 1,877 miliar dolar
3. Barcelona - 1,307 miliar dolar
4. Arsenal - 1,292 miliar dolar
5. Bayern Muenchen - 1,235 miliar dolar
6. AC Milan - 989 miliar dolar
7. Chelsea - 761 miliar dolar
8. Liverpool - 619 miliar dolar
9. Juventus - 591 miliar dolar
10.Schalke - 587 miliar dolar

Related Posts

Subscribe Our Newsletter