Jarang, Tuan Rumah Main di Final Liga Champions


FOTO:AFP/Christof Stache
Bisakah Bayern Munich melaju ke final Liga Champions yang akan dihelat di stadionnya sendiri? Jawabannya, bisa saja. Bayern masih punya peluang. Namun, sebuah tim tuan rumah bermain di final Liga Champions adalah hal yang langka.

Dari 56 final yang sudah dihelat, hanya pernah tiga kali sebuah klub lolos ke final yang dihelat di kandangnya sendiri. Ketiga klub itu adalah Real Madrid, Inter Milan, dan AS Roma.

Madrid melakukannya pada final musim 1956/1957, ketika masih berformat Piala Champions. Ketika itu, El Real sukses mereguk kemenangan 2-0 atas Fiorentina di Santiago Bernabeu.

Delapan tahun berselang, yakni pada musim 1964/1965, giliran Inter yang tampil di final yang dihelat di Giuseppe Meazza. Lagi-lagi, kemenangan berpihak kepada tuan rumah. La Beneamata yang ketika itu dilatih oleh Helenio Herrera menang 1-0 atas Benfica berkat gol Jair Da Costa.

Roma menjadi tim terakhir yang melakukannya pada musim 1983/1984. Final kala itu dihelat di Olimpico Roma. Sial bagi I Lupi, mereka takluk 2-4 di tangan Liverpool lewat babak adu penalti. Sejauh ini, Roma menjadi satu-satunya tuan rumah yang kalah di final.

Musim ini, Bayern punya kesempatan untuk mengikuti jejak tiga klub sebelumnya lantaran final akan dihelat di Allianz Arena. Skuad arahan Jupp Heynckes itu kini tengah unggul aggregat 2-1 atas Real Madrid dan masih punya peluang untuk mempertahankannya Kamis (26/4/2012) dinihari WIB nanti.

Jika lolos ke final, maka Heynckes sendiri berpeluang untuk mengulangi kesuksesan di musim 1997/1998. Ketika itu, dia sukses membawa Madrid memenangi Liga Champions usai mengalahkan Juventus 1-0.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter