Monday, 28 May 2012

4 Cara Mengubah Kebiasaan Buruk



Malam sudah berganti pagi, tapi Resti tidak juga beranjak untuk tidur. Sibuk mengerjakan apa? Tidak mengerjakan apa-apa. Dia hanya berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas yang lain tanpa tujuan yang jelas. Anda mungkin juga mengalaminya, selalu tidur larut malam hanya karena itu sudah menjadi kebiasaan.

Untuk hal-hal yang negatif, Anda harus berhenti menjadikannya kebiasaan; dan berhenti itu tidak mudah. Dikutip dari womenshealthmag, Charles Duhigg yang menulis buku The Power of Habit berbagi tips untuk mengubah kebiasaan buruk.

Langkah 1

Berhenti dan berpikirlah: apa sebenarnya tujuan Anda melakukan kebiasaan itu, dan apa yang Anda dapatkan. Kesadaran bahwa kebiasaan itu tidak baik dan tidak berguna adalah awal yang baik untuk berubah menjadi lebih baik.

Langkah 2

Hindari pemicunya. Anda terlena oleh waktu sehingga tidur larut malam jika sehabis makan malam Anda menonton televisi; dan ketika filmnya menarik, Anda bisa tidak tidur hingga film ke-3 usai. Atau, Anda tidak terpikir untuk tidur karena kasur Anda tidak nyaman dan penuh barang. Atasi masalah ini, jangan menonton film jika ingin tidur lebih awal, dan kondisikan kasur Anda agar nyaman untuk tidur.

Langkah 3

Buat rutinitas baru! Temukan aktivitas lain yang lebih menarik dan lebih positif. Misalnya dalam kasus terbiasa tidur malam ini, Anda bisa tidur lebih lama jika bisa tidur lebih awal. Siapa yang tidak suka tidur? Hampir semua orang menyukainya. Daripada terburu-buru bangun di pagi hari dan pusing karena kurang tidur, coba biasakan untuk tidur lebih awal sehingga Anda bisa bermalas-malasan lebih awal.

Langkah 4

Beri reward. Tidak hanya anak kecil yang butuh dipancing dengan reward, otak Anda juga! Memulai sesuatu adalah hal yang sulit, dan karena itu Anda butuh pancingan. Jika bisa tidur lebih awal dan bangun lebih bagi, Anda akan memanjakan diri dengan sarapan yang tidak terburu-buru di cafe dekat kantor yang punya sajian pancake lezat. Saat sudah menjadi kebiasaan, Anda akan bosan dengan pancake dan tidak lagi membutuhkannya untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. 

No comments:

Post a Comment