6 Makanan Sehat yang Mengalami Nyeri Haid


Beberapa wanita mengalami hari-hari yang tidak menyenangkan saat menjalani masa menstruasi. Jika Anda sedang mengalami, terdapat beberapa jenis makanan sehat yang bisa dijadikan pilihan menu selama haid.

Berikut daftar makanan yang dapat meningkatkan energi, mengalahkan kram, serta mengusir kemurungan saat Anda haid, sebagaimana dilansir 
Healthyliving(11/3/2012).

 
Sereal gandum

Sereal gandum kaya akan zat besi yang dibutuhkan oleh para wanita yang sedang haid. Pasalnya, saat haid tubuh Anda akan banyak kehilangan zat besi.


 
Nasi merah

Nasi merah mengandung serat lebih banyak dibandingkan nasi putih biasa. Makan kaya serat karbohidrat kompleks dapat memertahankan tingkat energi Anda. Selain itu, nasi merah pun mengandung banyak magnesium. Semuanya berguna untuk fungsi diuretik.

Terdapat beberapa pilihan lain untuk mendapatkan karbohidrat yang kaya akan serat selain nasi merah, yakni ubi, oatmeal, atau pasta gandum.




 
Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan karbohidrat kompleks yang mampu meningkatkan serotonin, zat kimia otak yang mempromosikan perasaan senang dan relaksasi. Biji-bijian juga sarat dengan serat dan protein. Mereka dicerna secara lambat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin B1 dalam biji-bijian yang mengandung thiamin seperti bekatul dan kecambah juga dapat mengurangi nyeri saat PMS.



Susu atau yogurt

Baik susu ataupun yogurt mengandung banyak kalsium. Penelitian telah menunjukkan, bahwa wanita yang mengonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari (setara dengan empat porsi susu) memiliki masa PMS 30 persen lebih sedikit daripada mereka yang hanya mengonsumsi sekitar 500 miligram.

"Jika ada satu nutrisi yang dibutuhkan wanita untuk mengalahkan masa PMS adalah kalsium," kata Karen Ansel, juru bicara Asosiasi Diet Amerika.
 
Salmon

Sebagaimana kalsium, vitamin D juga dapat membantu para wanita yang mengalami nyeri haid. Semakin banyak tubuh Anda mendapatkan vitamin D, akan semakin banyak pula rasa nyeri yang hilang.

Salmon merupakan sumber vitamin D terbaik, bahkan tulang dari ikan salmon merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Keduanya berkhasiat mengendalikan 
mood yang berubah-ubah.
 
Tiram

Memilih tiram sebagai salah satu menu makanan selama periode haid Anda akan membantu mematikan kram bulanan.

Tiram merupakan sumber utama zat besi, dipenuhi omega-3 sekaligus merupakan penghilang rasa kram (dalam tiga ons salmon mengandung lebih dari 1.000 miligram omega-3).

Ketika haid, rahim seorang wanita mengeluarkan senyawa yang dikenal sebagai prostaglandin dan leukotrien yang menyebabkan rahim berkontraksi, sehingga menghasilkan kram. Omega-3 membantu uterus mengurangi rasa nyeri karena menyebabkan pelepasan prostaglandin dan leukotrien sedikit demi sedikit.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter