7 Trik Alami Panjangkan Rambut


Apakah Anda ingin memanjangkan rambut? Yang diperlukan adalah memaksimalkan pertumbuhannya karena pada dasarnya rambut di kepala tumbuh sekitar 1-3 sentimeter setiap bulan. Untuk memaksimalkan pertumbuhannya, konsumsi secara teratur makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B serta biotin yang terdapat pada pisang, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian.
Tapi, selain itu lakukan juga perawatan dari luar. Misalnya : Hair Spa,Hair Mask, Creambath. Penting! Jangan pernah memanjangkan rambut secara instant (hair extension). Karena, Hair extension malah membuat akar rambut menjadi rapuh sehingga timbul masalah kerontokan. Daripada menambah masalah baru, lebih baik gunakan cara alami untuk membuat rambut cepat panjang.
Inilah 7 trik alami memanjangkan rambut yang dikutip dari Carefair.

1. Vitamin:
Vitamin dibutuhkan seluruh bagian tubuh termasuk rambut. Jika vitamin yang Anda konsumsi kurang, maka dengan sendirinya, nutrisi yang diterima rambut pun tidak cukup. Jika nutrisi yang diterima kurang, maka akar rambut akan menjadi rapuh. Volume rambut pun semakin menipis. Hal tersebut membuatnya sulit tumbuh. Jika perlu, konsumsi multivitamin tambahan untuk melengkapi kebutuhan Anda. Menggunakan vitamin rambut khusus juga bisa menjadi jalan keluar yang baik.
Inilah 4 Vitamin Yang Diperlukan Rambut :
-Vitamin A
Rambut membutuhan vitamin A untuk produksi sebum.
Tanpa sebum rambut Anda akan terasa kering, dan menyebabkan kerontokan dan kusut pada rambut.
Untuk itu konsumsilah vitamin A yang banyak terkandung dalam buah dan sayur seperti mangga, wortel, jeruk kentang.
Semakin Anda banyak mengkonsumsi vitamin A dari asupan makanan, akan membuat rambut tampak sehat serseri
-Vitamin B
Vitamin B juga penting bagi yang menginginkan rambut sehat.
Semua vitamin B membantu hemoglobin pada kulit kepala mendapatkan oksigen yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut sehat.
Khusus untuk pertumbuhan rambut, Anda hasru fokus pada vitamin B-6 dan Asam Folic.
Vitamin B-6 sering ditemukan dalam makanan yang kaya protein yaitu kentang, sereal, pisang, kacang-kacangan, daging sapi.
Asam Folic bisa ditemukan pada asparagus
-Vitamin E
Vitamin E membantu memperlancar sirkulasi darah ke kepala dengan meningkatkan penyerapan oksigen.
Vitamin E bisa didapat dari sereal, almond, Minyak Jagung, Minyak Kedelai, dan lobak.
-Vitamin C
Vitamin C bertanggung jawab untuk pengembangan kolagen yang diperlukan untuk rambut kuat.
Vitamin C dapat ditemukan di Kiwi buah, jambu biji, dan jeruk.

2. Periksa ujung rambut (Trimming) :
Trimming, atau memangkas sedikit rambut di ujung-ujungnya adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan pada batang rambut. Karena Cabang dan kekeringan di ujung rambut juga menjadi salah satu penyebab rambut sulit panjang. Rambut yang ujungnya bercabang jika tidak segera dipotong akan memperparah kerusakan, karena ia akan makin melebar. Trimming rambut secara teratur akan membantu mencegah terjadinya ujung bercabang.
Coba lakukan trimming setiap 6-8 minggu jika rambut Anda sangat kering atau rusak. Tak ada salahnya untuk memotong ujung rambut Anda sepanjang 1-2 cm secara rutin setiap bulannya.

3. Ketombe:
Ketombe merupakan salah satu masalah yang umum dialami. Timbulnya ketombe di kulit kepala juga akan membuat rambut rapuh dan rontok. Jadi jika ketombe muncul, jangan sepelekan. Ingat,Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit. Gunakan shampo khusus untuk mengatasinya. Jika ketombe yang muncul semakin parah, sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter kulit.


4. Perlancar aliran darah di kulit kepala (Head Massage) :
Kurangnya nutrisi di rambut bisa jadi karena aliran darah di kepala yang tidak lancar. Perawatan seperti creambath (memijat kulit kepala) dapat membuat aliran darah di kepala menjadi lancar. Jika,tidak sempat ke salon anda bisa melakukan sendiri head massage.
caranya : Oleskan minyak pada ujung jari dan kemudian lumuri kulit kepala dengan minyak tersebut. Anda juga bisa mengaplikasikan minyak dari akar hingga ujung rambut. Setelah mengoleskan minyak keseluruh bagian rambut, gunakan jari-jari untuk membuat gerakan yang pelan. Mulailah pemijatan dari samping kuping kemudian ke bagian atas kepala dan perlahan ke bagian belakang leher. Biarkan minyak di kulit kepala Anda selama 30 hingga 60 menit atau lebih lama lagi baruk kemudian dibersihkan.

5. Menyisir :
Cara menyisir rambut juga harus diperhatikan. Cara menyisir rambut yang salah dapat membuat rambut patah dan rusak. Setelah keramas, jangan menyisir rambut dengan sisir sikat atau sisir bergigi rapat karena akan membuat rambut patah. Pilihlah sisir garpu dengan jari-jari yang jarang. Ingat, jangan terlalu sering menggunakan hair dryer karena uap panas dari hair dryer menyebabkan rambut kehilangan kelembaban alaminya.

6. Keramas :
Malas keramas akan membuat rambut Anda sulit panjang. Di dalam shampo juga terdapat nutrisi yang diperlukan rambut untuk tumbuh. Selain itu, membiarkan kotoran menempel di kulit kepala akan membuat rambut rusak. Minimal keramaslah dua hari sekali, agar kelembaban kulit kepala tetap terjaga.
cara keramas yang benar :
- Jangan keramas setiap hari. kecuali, rambut anda tergolong rambut berminya. keramaslah setiap 2 hari sekali.
- Waktu yang tepat untuk keramas adalah setelah melakukan aktivitas berat atau sore hari setelah pulang kerja/sekolah
- Jangan menggunakan kuku untuk menggosok kulit kepala. karena, akan merusak kulit kepala dan rambut, plus bisa mengakibatkan kulit kepala luka.
Lebih baik gunakan ujung jari untuk memijat dengan lembut. Lakukan gerakan memijat sekitar 3 menit agar sirkulasi darah pada kepala menjadi lancar.
-Jangan membilas terlalu cepat. Pembilasan yang baik untuk menghilangkan sampo membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan orang.
Meskipun Anda pikir sudah cukup membasuh, cobalah basuh lagi. Jika Anda tidak keramas tiap hari, Anda harus mengulang tindakan menyampo dan membasuh sampai dua kali. Buat basuhan yang kedua lebih lama.
- Jangan mengaplikasikan conditioner pada akar rambut. Setelah Anda keramas, oleskan conditioner pada ujung rambut. Jangan mengoleskannya pada kulit kepala atau akar rambut. Conditioner dibuat untuk rambut, bukan untuk kulit kepala. Bagian ujung rambut yang rusaklah yang membutuhkan con-ditioner. Gunakan conditioner ringan jika rambut Anda cen-derung normal. Tapi kalau rambut termasuk kasar atau keriting, gunakan deep conditioner.

7. Stres :
Stres yang Anda alami juga berpengaruh pada kesehatan akar rambut. Metabolisme tubuh yang kacau karena stres akan membuat kesehatan rambut terganggu.
Tak ada salahnya untuk rileks dan bersantai sejenak. Lupakan pikiran dan beban yang Anda alami. Ke salon dan melakukan perawatan rambut dan tubuh juga bisa menjadi jalan keluar Anda untuk mengatasi stres hilang. Rambut dan tubuh makin cantik, stres Anda pun hilang.

Semoga artikel 7 trik alami memanjangkan rambu bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter