Data dan Fakta Swedia vs Prancis


Data dan Fakta Swedia vs PrancisUsaha Prancis mengamankan satu tempat di perempatfinal Euro 2012 akan mendapatkan ujian dari Swedia yang sebelumnya sudah dipastikan tersingkir. Menilik aspek sejarah, Prancis ada di atas angin.

Prancis kini menempati posisi puncak klasemen Grup D, tetapi sama sekali belum aman mengingat raihan angkanya, 4 poin, masih setara dengan Inggris, dan dibayangi Ukraina (3 poin). Ketiganya masih sama-sama memiliki kans lolos dan cuma Swedia saja yang sudah dipastikan tersingkir.
Prancis setidaknya akan mendapat suntikan moral dan kepercayaan diri dari hasil pertemuannya dengan Swedia di masa lalu. Selain unggul head to head dengan 8 kemenangan berbanding 4 kemenangan, Prancis juga tak lagi bisa dikalahkan Swedia dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun.

Berikut data dan fakta pertandingan Swedia versus Prancis, seperti dicatat Reuters.

Pertemuan sebelumnya
17 kali: Prancis menang 8 kali, Swedia menang 4 kali, 5 kali berakhir seri

- Dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun, Swedia belum pernah bisa mengalahkan Prancis lagi. Catatan itu dimulai setelah kemenangan 2-0 Swedia atas Prancis di kualifikasi Piala Dunia pada Oktober 1969.

- Penyerang Swedia Zlatan Ibrahimovic telah bikin gol dalam empat dari lima penampilan terakhirnya di kancah internasional, dengan satu-satunya kegagalan bikin gol adalah di laga terakhirnya, yakni melawan Inggris.

- Sejak Februari tahun lalu, saat berimbang 1-1 lawan Ukraina di laga friendly di Nicosia, Swedia belum pernah lagi mengakhiri pertandingan dengan hasil seri. Semenjak itu mereka sudah meraih 11 kemenangan dari 16 laga, dan kalah dalam lima laga lainnya.

- Prancis memperpanjang catatan tidak terkalahkannya menjadi 23 pertandingan seiring dengan kemenangan 2-0 atas Ukraina pekan lalu. Di dalam 23 laga tersebut, Prancis cuma kebobolan 10 gol.

- Kemenangan Prancis atas Ukraina mengakhiri rentetan delapan pertandingan tanpa kemenangan di dalam turnamen besar, sejak menang 1-0 atas Portugal di semifinal Piala Dunia 2006.

- Penyerang Prancis Karim Benzema belum bikin gol di dalam turnamen ini dan baru dua kali mencatatkan namanya di papan skor dalam 18 laga internasional terakhir Prancis.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter