Inilah Isi Jeroan MacBook Air Terbaru

Isi Jeroan MacBook Air Terbaru Apple baru saja meluncurkan Macbook Air generasi terbaru. Untuk melihat jeroan laptop super tipis itu, perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan alat elektronik iFixit 'menelanjanginya'. 

iFixit membongkar MacBook Air untuk melihat apa saja komponen yang terdapat di dalamnya. Dan juga perubahan apa saja yang dilakukan Apple dibandingkan dengan generasi MacBook Air lawas.

Berikut hasil pembongkaran yang dilakukan oleh iFixit terhadap MacBook Air 13 inch generasi anyar.

Lebih Bertenaga

MacBook Air 13 inch yang dibongkar iFixit memakai prosesor generasi terbaru dari Intel, yaitu Ivy Bridge Core i5 dengan Turbo Boost. Spesifikasi kunci lainnya adalah Intel HD Graphics 4000, 128 GB flash memory, 4 GB 1600 MHz DDR3L RAM dan USB 3.0. 



Performanya pun hampir dapat dipastikan lebih bertenaga dibandingkan generasi terdahulu meski bodinya sama tipis. Versi 11 inch MacBook Air punya resolusi layar 1.366x768 pixel dan akan dibanderol USD 999. Sedangkan versi 13 inch punya resolusi layar 1.440x900 pixel akan dijual mulai USD 1.199.


Membuka Casing


Dengan berbagai macam peralatan khususnya, iFixit pun membongkar MacBook Air dengan hati-hati. Semua sekrupnya dilepas dan casingnya pun dibuka perlahan. 



iFixit menyatakan tidak menemukan perubahan cukup signifikan di MAcbook Air terbaru dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Konfigurasi baterai, logic board, speaker, trackpad, keyboard dan layar hampir identik dengan versi lawasnya.

Membuka Baterai



Dengan sebuah obeng khusus, iFixit kemudian membongkar baterai yang menjadi sumber daya MacBook Air terbaru. Baterai menyita ruang yang cukup besar di jeroan MacBook Air.

Baterai tersebut dinyatakan sama persis modalnya dengan yang terdapat di MacBook Air sebelumnya. Jadi keawetan baterainya pun kemungkinan besar sama saja, yaitu di kisaran 7 jam.

SSD



iFixit kemudian melanjutkan pembongkarannya ke bagian SSD (solid state drive) yang kelihatannya hampir sama dengan SSD di model sebelumnya. Namun ketika dilihat lebih dekat, konektornya rupanya sedikit berbeda.

Desainnya pun tidak sama. Unit yang baru ini dinyatakan berbasis chip kontroller SandForce yang dibuat oleh vendor asal Jepang, Toshiba.


Kipas



iFixit kemudian beralih ke komponen kipas. Menurut iFixit, terdapat beberapa perubahan pada desain kipas di dalam MacBook Air terbaru ini. Desainnya dijuluki sebagai asymmetrical. Desain seperti ini diklaim lebih dapat membuat suara putaran kipas lebih dapat diredam.

Trackpad



Beralih ke komponen trackpad. iFixit menyatakan komponen trackpad di MacBook Air terbaru ini relatif mudah untuk diperbaiki jika rusak. Beberapa chip yang ditemukan di trackpad laptop ultra langsing ini adalah Silicon Storage Technology 25VF020, Cypress Semiconductor CY8C24794 Microcontroller serta Broadcom BCM5976A0KU826



Prosesor




Bagian Logic Board yang menjadi 'rumah' berbagai komponen penting MacBook Air pun dibuka. Di salah satu sisinya, terdapat prosesor Intel generasi terbaru.

Di sini iFixit menemukan prosesor Intel Core i5-3427U 1.8 GHz dual-core (Turbo Boost up to 2.80 GHz) dengan Intel HD Graphics 4000, Intel E201B953 SLJ8B Platform Controller Hub, Intel DSL3510L Thunderbolt controller, Texas Instruments TPS2561 dual channel power switch, dan Linear Technology LT3957 inverting converter.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter