Menanti 6 Gebrakan Sang Raksasa di Google I/O

Google I/O segera digelar. Acara tahunan ini biasanya disesaki para developer yang menanti sejumlah terobosan sang raksasa internet.

Google I/O awalnya dijadwalkan berlangsung pada 24-25 April 2012, namun diundur menjadi tanggal 27-29 Juni 2012. Tepatnya dua pekan setelah ajang Apple World Wide Developer Conference (WWDC).

Sejak diselenggarakan tahun 2008 lalu, Google I/O kerap memunculkan inovasi baru seputar produk Google. Begitu juga di tahun 2012 ini yang diprediksi akan melahirkan 6 gebrakan baru.

Seperti dikutip dari information week, berikut prediksi inovasi baru yang akan dipamerkan pada Google I/O 2012.



Android 4.1, Jelly Bean

Generasi terbaru sistem operasi ini paling dinanti kehadirannya. Konon di ajang Google I/O nanti, Android Jelly Bean akan dipamerkan lengkap dengan segudang fitur yang diusungnya.
Sebelumnya, Jelly Bean dikabarkan tak akan disebut sebagai Android 5.0, melainkan 4.1. Awalnya ketidaksengajaan ini dimulai saat Google menawarkan smartphone Google Nexus unlock di Play Store. Di halaman toko online tersebut selain harga, juga terpampang uraian yang menyebutkan "Ponsel pertama dengan Android 4.1 Jelly Bean"

Google Assistant
Google dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi asisten digital pesaing Siri besutan Apple, dan mungkin Google Assistant adalah jawabannya.

Berbicara dengan smartphone memang bukanlah hal baru, dan sistem operasi Android sudah terlahir dengan kemampuan tersebut. Hanya saja jawaban dan tampilannya tidak semenarik Apple Siri, sehingga perlu banyak diperbaiki.

Google Nexus Tablet
Tablet besutan Google merupakan salah satu piranti yang paling ditunggu. Beberapa detail mengenai produk ini sudah lebih dahulu mencuat ke permukaan, di antaranya soal harga yang berkisar USD 199.

Konon tablet PC ini akan memiliki layar 7 inch dan dibuat oleh vendor asal Taiwan, ASUSTeK Computer Inc.

Google Playbox
Google dikabarkan tengah melakukan uji coba sebuah perangkat untuk pengguna rumahan. Bukan ponsel atau tablet, namun Wall Street Journal sempat membeberkan bahwa itu adalah sebuah pemutar musik.

Google TV
Generasi kedua Google TV sejatinya telah diperkenalkan sejak awal 2012, namun produk yang mengusung set-up box itu muncul lagi baru-baru ini, seperti dari Sony dan LG.

Ada beberapa fitur baru Google TV yang kabarnya akan diperkenalkan pada Google I/O kali ini, salah satunya adalah kemampuan terhubung dengan Google Play sekaligus memasang aplikasi dari Play Store.

Project Glass
Banyak anggapan bahwa Project Glass hanya isapan jempol belaka, namun kabar miring itu berangsur sirna ketika pendiri Google Larry Page menggunakan kacamata pintar ini di hadapan umum.

Dalam video demonya, kacamata ini bisa melakukan beberapa hal unik. Seperti melakukan pencarian online, email dan navigasi arah. Bahkan bisa pula dipakai untuk video chat.

Kacamata berbasis teknologi augmented reality ini juga bisa menampilkan berbagai informasi lokasi pengguna dan kondisi cuaca. Pengguna juga bisa mengetahui lokasi pengguna lain dengan sistem Google Latitude.

Setelah begitu banyak bocoran mengenai Project Glass, hampir dipastikan bahwa perangkat ini juga akan dipamerkan pada Google I/O 2012.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter