Ronaldo Ancaman Terbesar Jerman


Saat berhadapan dengan Portugal, Jerman tampaknya mesti ekstra hati-hati ketika lawan mendapatkan bola mati. Pasalnya, Portugal punya Cristiano Ronaldo yang memiliki tendangan bebas mematikan.

Ronaldo baru saja menjalani musim luar biasa bersama klubnya, Real Madrid. Mengemas 60 gol di seluruh kompetisi yang diikuti klubnya, Ronaldo bukan saja memecahkan rekor golnya sendiri dalam semusim tetapi juga berperan besar dalam kesuksesan Madrid menjuarai La Liga Primera.

Berkat kinerja tersebut, Ronaldo pun mulai digadang-gadang sebagai kandidat terdepan untuk menyabet penghargaan prestisius, FIFA Ballon d'Or. Belum ketahuan apakah itu akan jadi kenyataan, tetapi yang pasti jalan Ronaldo ke arah itu akan kian mulus jika bisa tampil cemerlang bersama Portugal di Euro 2012.

Kini Jerman-lah yang akan menjadi tim pertama yang berusaha membendung tekad dan semangat Ronaldo untuk tampil oke bersama timnas Portugal, ketika kedua tim berhadapan di Arena Lviv, Sabtu (9/6/2012).

Jerman bukan saja mesti hati-hati dengan kelihaian Ronaldo menggiring bola atau mengirimkan umpan, tetapi juga dengan ketajamannya di depan gawang. Faktanya, seperti dicatat Opta, Ronaldo menjadi pemain yang paling banyak melepaskan tembakan ke gawang lawan di fase kualifikasi lalu, sebanyak 54 kali.

Kepiawaian lain Ronaldo dalam mengeksekusi tendangan bebas menjadi nilai tambah untuk tim yang ia bela, dan sebaliknya menjadi momok untuk lawan. Buktinya, seperti catatan Infostradalive, empat dari delapan gol terakhir Ronaldo di laga internasional berawal dari tendangan bebas langsung.

Jika nantinya bisa menjebol gawang Jerman maka Ronaldo, yang sudah bikin gol di Euro 2004 dan Euro 2008, akan menyamai Thierry Henry, Vladimir Smicer, Nuno Gomes dan Juergen Klinsmann, sebagai pemain yang selalu mencetak gol di tiga ajang berbeda Piala Eropa.

"Ia adalah salah satu pemain top dunia, ia sensasional. Tapi kami sudah siap. Kami harus menghentikannya dengan usaha tim," tegas Kapten Jerman Phillip Lahm di NZ Herald.

"Kami harus menghentikannya sesegera mungkin dan membuatnya tidak memiliki ruang sama sekali," sambung Sami Khedira, gelandang Jerman yang juga rekan seklub Ronaldo, di Reuters.

Secara umum Portugal juga akan memberi ancaman terbesar buat Jerman ketika bola berada di luar kotak penalti. Disebut Opta, Portugal telah mencetak 10 gol dari luar kotak penalti (enam dari permainan terbuka dan empat dari tendangan bebas langsung) di fase kualifikasi, yang mana melebihi jumlah tim-tim lain.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter