Spesifikasi HTC One S

Spesifikasi HTC One SHTC akhirnya merilis salah satu jagoan mereka di Indonesia, One S. Berbekal prosesor dua inti yang bertenaga, serta desain yang aduhai, smartphone ini diklaim akan bertaji di Tanah Air. Apa saja kelebihannya?

HTC One S memang seakan melengkapi jajaran HTC One. Kalau One X pakai quad core, One V single core, maka One S menjadi pelengkap dengan prosesor dua inti yang diusungnya.

Begitu juga soal ukuran. Jika One X punya layar 4,7 inchi dan One V 3,8 inchi, maka One S berada di tengah-tengah dengan ukuran 4,3 inchi. Strategi yang cukup jitu untuk memperkuat lini produk mereka di Indonesia.

Soal performa produk ini juga diklaim tak main-main. Tiap prosesornya berlari dikecepatan 1,7 GHz, ditambah memori dengan kapasitas mencapai 1 GB. Cukup bertanaga bukan? Apalagi produk ini juga hadir dengan penampilan yang enak dilihat.
Yuk, ulas keunggulannya satu per satu.

Enak Digenggam
HTC ONE S


Dibanding seri One lainnya bisa dikatakan One S ini adalah smartphone yang paling enak digenggam. Mungkin karena ukurannya yang tidak terlalu besar, atau mungkin juga karena bodinya yang tipis. Entahlah, tapi yang jelas memang memudahkan siapa pun yang menggengamnya.

Soal desain dan bahan dasar yang digunakan HTC juga tampaknya tak main-main. Seluruh tubuh One S dibalut dengan bahan metal dalam kemasan unibody, jadi sudah pasti terkesan kokoh dan elegan.

Walau tidak umum, tapi warna yang digunakan pada One S juga salah satu faktor yang memanjakan mata, contohnya yang saat ini sedang digunakan


htc one s
Bagian belakang memiliki gradasi warna silver yang cukup unik. Bahkan HTC mengklaim tingkat kepadatan gradasi bisa berbeda di masing-masing ponsel. Hal ini dikarenakan proses penyemprotannya masih manual, sehingga diharapkan tiap produk memiliki keunikan tersendiri.

Karena mengusung desain unibody, maka hampir seluruh bagian tubuhnya rapat, sedangkan yang bisa dibuka hanya di bagian atas yang di dalamnya hanya terdapat sebuah slot untuk microSIM.
htc one s.
Ya, selain sudah mengusung kartu SIM berukuran mungil, produk ini juga tidak menyediakan slot tambahan untuk memori. Jadi calon pengguna terpaksa harus cukup puas dengan 16 GB memori yang ditancapkan di dalamnya.

Performa yang (seharusnya) Sangar
htc one s


Performa HTC One S ini memang tergolong cukup perkasa untuk ukuran ponsel dual core. Ya, wajar saja clock 1,7 GHz yang diusungnya terbukti mampu menyelesaikan segudang proses dengan cepat. Tapi seharusnya ponsel ini bisa lebih ngebut lagi.

Ada dua versi HTC One S yang beredar di luar sana, dan perbedaan keduanya hanya terletak di prosesor yang digunakan. Untuk kawasan Amerika dan Eropa yang dipasarkan adalah yang menggunakan Snapdragon S4 dengan nama sandi Krait, sedangkan Asia dan sekitarnya memakai Snapdragon S3 (Scorpion).

"Di Indonesia kami tak kan memasarkan dua versi One S, kami hanya menjual versi S3," tegas Samudro Seto, Head of Product Marketting HTC Indonesia.
htc one s
Bukan cuma berbeda nama, kedua chip tersebut juga berbeda arsitektur dan fitur. Salah satunya proses fabrikasi yang lebih kecil, S4 mengusung 28nm dan S3 masih menggunakan 45nm.

Kemudian GPU yang digunakan kedua chip tersebut juga berbeda, S4 sudah memakai Adreno 225 sementara S3 masih Andreno 220. Dampaknya jelas, saat diuji pada aplikasi yang haus grafis, game misalnya, S4 akan memiliki rata-rata Frame per Second lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Itu hanya segelintir contoh perbedaan, dan masih banyaknya kelebihan lain S4 jika disandingkan dengan S3. Mulai dari konsumsi daya yang lebih rendah, bandwith memori yang lebih besar, dan beberapa fitur lainnya.

Pun begitu secara keseluruhakn HTC Indonesia tidak mengakui jika ada perbedaan yang signifikan dari keduanya.

"Saya janji performanya tidak akan berbeda, lagian S3 yang kami gunakan bukan yang standart," tambah Seto, saat disambangi beberapa waktu lalu di kantor HTC Indonesia.
htc one s
Saat diuji , HTC One S yang beredar di Indonesia memang terbilang cukup bertenaga, bahkan bisa dikatakan paling kencang di kelasnya. Pada aplikasi Quadrant produk ini berhasil meraih angka 3830, sementara di AnTuTu 7204. Cukup kencang, namun sayang, produk ini seharusnya dapat berlari lebih cepat jika sudah menggunakan prosesor S4.

Layar Super AMOLED nan Jernih

htc one sSoal layar HTC masih mempercayakan jenis Super AMOLED untuk digunakan pada One S. Gambar yang dihasilkan cukup bening, seperti layaknya ponsel AMOLED lainnya. Namun belum cukup tajam jika dibandingkan Super AMOLED plus yang sudah tidak menggunakan pentile display.

Saat digunakan di bawah teriknya matahari layar masih cukup jelas terlihat, walau tak dipungkiri masih berada di bawah kualitas One X atau bahkan Galaxy S III. Tapi mengingat One S punya segementasi yang berbeda, hal ini cukup bisa ditolelir.

Dengan bentang layar seluas 4,3 inchi dan resolusi 540 X 960 pixel, maka untuk browsing atau main game pasti nyaman di ponsel ini.

Kualitas Kamera dan Fitur Bawaan

htc one sKamera merupakan salah satu nilai jual pada jajaran HTC One, tak terkecuali seri One S ini. Jenis lensa yang dipakai sama persis dengan One X, yakni 8 MP dengan bukaan lensa F2.0.

Meski begitu ada sedikit perbedaan, ponsel hanya bisa menjepret 60 foto (4 FPS) sekaligus dengan menekan dan menahan tombol shutter. Sedangkan One X mampu menangkap gambar hingga 99 foto dengan modus yang sama. Selain itu fiturnya sama plek tiada beda.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter